4 Hal Penting Sebelum Menabung di Bank

Menabung di Bank kini seakan menjadi kebutuhan bagi semua orang. Hampir seluruh lapisan masyarakat pasti mempunyai setidaknya satu rekening tabungan di bank.

Karena menabung di Bank memiliki banyak keunggulan diantaranya uang menjadi lebih aman, dengan fasilitas ATM Anda tidak perlu membawa uang yang terlalu banyak karena ATM sudah banyak tersebar dimana-mana, selain itu akan mendapatkan bunga.

 

Sebelum Anda Menabung di Bank ada baiknya jika Anda perhatikan beberapa hal penting sebelum Anda membuka rekening tabungan.

 

 

1. Tentukan Tujuan Menabung

Ketika Anda ingin membuka tabungan di bank, tentukan terkebih dahulu apa tujuannya.  Apakah Anda ingin membuka tabungan untuk pendidikan anak, tabungan hari tua, tabungan untuk haji, atau sekedar untuk tabungan sehari-hari.

Hal ini sangat penting untuk diperhatikan agar mendapatkan manfaat yang maksimal, tabungan harus disesuaikan dengan tujuan menabung karena tiap-tiap jenis tabungan memiliki keunggulannya masing-masing.

Contohnya tabungan biasa dengan deposito, tabungan biasa dapat diambil sewaktu-waktu dan dimana saja, namun tingkat bunga yang diberikan terbilang cukup rendah yaitu berkisar 0% – 3% belum lagi dipotong biaya Administrasi.

Sementara itu deposito memiliki bunga  yang tinggi dibandikan dengan tabungan biasa yaitu diantara 3% – 8%, namun deposito hanya bisa diambil dalam kurun waktu tertentu.  Anda bisa saja mencairkan deposito yang belum waktunya, tapi akan dikenakan sanksi yang diberlakukan oleh bank tersebut. Untuk penjelasan tentang deposito lebih lengkapnya disini Pengertian Deposito dan Penjelasannya

 

2. Memilih Bank

Untuk memilih bank mana yang akan Anda gunakan. Hal yang paling penting ialah melihat reputasi bank tersebut.

Reputasi bank merupakan faktor penting karena jika ada suatu masalah pada tabungan Anda, bank yang memiliki reputasi baik akan menanggapi dan menangani masalah tersebut secara cekatan.

 

3. Pahami Produk Tabungannya dan Fasilitas yang Diberikan

Masing-masing bank memiliki produk tabungan yang beragam, tiap-tiap produk tabungan juga bisa mempunyai fasilitas yang berbeda walaupun di bank yang sama.

Untuk itu pahamilah terlebih dahulu tabungan apa yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Kebanyakan tabungan memiliki fasilitas seperti kartu ATM, internet banking, e-banking, sms banking dan lain sebagainya. Namun ada juga beberapa tabungan yang tidak menyertakan fasilitas tersebut.

Beberapa tabungan juga menyertakan cover asuransi jiwa, kecelakaan atau kesehatan. Salah satunya adalah tabungan Britama yang memberikan cover asuransi kecelakaan diri hingga Rp 150.000.000.

Juga masih banyak tabungan lain yang menyertakan beberapa fasilitas tambahan dan hal ini patut untuk menjadi pertimbangan Anda sebelum menabung di bank

 

4. Perhatikan Biaya Administrasinya

Biaya administrasi juga harus Anda pertimbangkan karena besaran biayanya tiap bank berbeda-beda. Biaya Administrasi disini meliputi biaya administrasi bulanan, biaya transfer antar bank, biaya tarik tunai di ATM bersama.