Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tips memilih pinjaman online yang aman. Pinjaman Online saat ini menjadi populer di kalangan masyarakat karena kepraktisannya dan bisa diakses secara digital. Persyaratan yang diperlukan mudah dan dana cepat cair ketimbang pinjaman bank. Tidak mengherankan platform pinjaman online semakin menjamur dan menjadi digandrungi oleh orang-orang yang membutuhkan dana secara cepat.

Namun perlu diperhatikan sebelum melakukan pinjaman secara online. Hal ini dikarenakan banyak orang yang kurang bijak memilih platform pinjaman online dan berakhir tak mampu melunasi pinjaman. Nah maka dari itu, kita akan membahas mengenai pinjaman online dan tips memilih pinjaman online yang aman.

APA BEDANYA PINJAMAN ONLINE DAN PINJAMAN BANK

Perbedaan yang mencolok adalah dari segi persyaratan dan kepraktisan. Pinjaman bank lebih rumit dan pencairan membutuhkan waktu yang lama sekitar 14 hari. Kita diharuskan melampirkan KTP, Rekening Listrik, Kartu Keluarga, hingga survei ke tempat ke tinggal untuk memastikan kebenaran data. Akan tetapi meski terlihat merepotkan, pinjaman di bank menjamin kerahasiaan data kita dan terhindar dari praktik-praktik penagihan utang yang tidak sesuai hukum.

Sedangkan pinjaman online lebih praktis dan tidak memerlukan banyak persyaratan dan lebih cepat cair hanya dalam waktu 1x24jam. Persyaratan yang dibutuhkan hanya foto KTP, alamat email, dan akun sosial media. Apabila semua data telah diisi, dana akan cair tanpa butuh waktu lama.

APA KEKURANGAN DARI PINJAMAN ONLINE

Dibalik kemudahan dan banyaknya keuntungan yang kita peroleh, terdapat beberapa kekurangan dari pinjaman online:

  1. Rawan Pencurian Data

Sebagai masyarakat di era digital tentu sudah memahami, bahwa semua hal tentang diri kita tersimpan di dunia cyber dalam perangkat elektronik yang kita punya. Oleh karena itu, apabila melakukan kesepakatan transaksi digital, mau tidak mau kita memberikan kewenangan pihak lain untuk mengakses data diri berdasarkan ketentuan yang berlaku.

  1. Perilaku Konsumtif

Apabila kita tidak bijak dalam menggunakan dana pinjaman online, kita dapat terjerumus dalam perilaku konsumtif. Kita terdorong untuk membeli barang-barang yang sebenarnya bukan kebutuhan pokok dan hanya untuk mengikuti tren masa kini.

  1. Nominal Pinjaman Terbatas

Secara umum, pinjaman online hanya berkisar dibawah 10jt rupiah. Nominal yang kecil tersebut dikarenakan pinjaman online memang ditujukan bagi mereka yang harus memenuhi kebutuhan yang mendesak seperti modal usaha kecil, dan biaya sekolah anak yang tidak dapat diantisipasi oleh dana darurat.

  1. Tenor Pinjaman Singkat

Secara umum pinjaman online hanya memberikan batas waktu pinjaman maksimal 3-6 bulan. Singkatnya tenor pinjaman online menjadi hal yang harus dipertimbangkan karena nilai pinjaman yang harus dikembalian akan lebih besar. Waktu yang singkat tersebut juga rawan dengan keterlambatan pembayaran.

  1. Bunga Pinjaman Tinggi

Bunga pinjaman online bisa dibilang cukup tinggi. Per harinya 0,05 persen sampai dengan maksimal 0,8 persen. Itu artinya, bunga dalam sebulan dapat mencapai 1,5 persen sampai 24 persen.

TIPS MEMILIH PINJAMAN ONLINE YANG AMAN

Berikut itu tips-tips agar aman meminjam uang secara online:

  1. Pilih yang Sudah Terdaftar Di OJK

Pilihlah perusahaan fintech yang legal dan aman. Fintech yang legal biasanya sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Bagi perusahaan yang telah terdaftar di OJK, pasti akan mengikuti prosedur dan tata cara yang berlaku, mulai dari cara penagihan, ketentuan besar bunga pinjaman yang tidak boleh lebih dari 30%, dan lain sebagainya.

Contoh platform pinjaman online yang terdaftar di OJK adalah pinjaman online tokopedia

2. Cari yang Berbunga Rendah

Walau pada umumnya pinjaman online punya bunga yang tinggi, namun kita dapat mencari yang paling rendah di antara lainnya. Disarankan untuk memilih pinjaman dengan bunga tak lebih dari 1% per hari.

3. Catat Jumlah Pinjaman dan Tanggal Jatuh Tempo

Meski sudah tertera di aplikasi, ada baiknya mencatat di tempat lain sebagai pengingat. Kita bisa mencatatnya di buku catatan khusus atau tuliskan pada lembar sticky note dan tempelkan di tempat yang sering kita lihat.

Nah itulah beberapa penjelasan mengenai pinjaman online dan tips memilih pinjaman online yang aman. Bagi kita yang hendak mengajukan pinjaman, ada baiknya mempertimbangkan dahulu apakah kita benar-benar membutuhkannya dan mampukah kita membayarnya. Perhatikan juga platform pinjaman online yang hendak kita gunakan.