Tax Amnesty di Indonesia


Tax Amnesty di Indonesia.Belakangan ini ramai sekali pembicaraan tentang pengampunan pajak atau yang lebih dikenal dengan Tax Amnesty.

Berita ini tak luput menjadi perbincangan oleh seuluruh kalangan masyarakat indonesia, mulai dari pejabat, pengusaha, dan bahkan masyarakat awam.

Namun banyak juga yang masih bingung dengan apa itu tax amnesty atau pengampunan pajak itu sendiri. Tax amnesty sendiri adalah program pengampunan yang diberikan oleh pemerintah Indonesia khususnya (Direktorat Jendral Pajak) kepada Wajib Pajak meliputi :
  • Penghapusan pajak yang seharusnya terutang
  • Penghapusan sanksi adminsitrasi perpajakan
  • Penghapusan sanksi pidana di bidang perpajakan atas harta yang diperoleh pada tahun 2015 dan sebelumnya yang belum dilaporkan dalam SPT

Beberapa keuntungan tersebut bisa diperoleh dengan cara melunasi seluruh tunggakan pajak yang dimiliki dan membayar uang tebusan. Hal ini dilakukan karena banyaknya wajib pajak yang menunggak pajak dan bahkan lebih banyak yang tidak melaporkan harta kekayaannya atau dengan cara disembunyikan pada bank – bank di luar negeri.

Dalam menjalankan program ini, pemerintah memiliki slogan yaitu ungkap, tebus dan lega. Apa maksudnya?

Ungkap adalah Wajib Pajak bersedia melaporkan seluruh kekayaan, baik kekayaan yang berwujud maupun tidak berwujud. Kekayaan yang dapat bergerak maupun tidak bergerak. Baik yang digunakan untuk usaha maupun bukan untuk usaha. Kekayaan yang ada di Indonesia atau di luar negeri. Semua kekayaan yang belum dilaporkan dalam SPT Tahunan, PPh terakhir. Belum dilaporkannya kekayaan tersebut dapat diakibatkan oleh kelalaian atau keadaan di luar kekuasaan yang dialami oleh Wajib Pajak sehingga SPT Tahunan PPh, belum diisi dengan benar, lengkap dan jelas.
Tebus adalah Wajib Pajak perlu membayar sejumlah uang ke kas negara untuk mendapatkan pengampunan pajak, sehingga negara dapat melepaskan hak untuk menagih pajak yang seharusnya terutang. Uang tebusan atas pengampunan pajak dihitung dengan cara mengalikan tariff uang tebusan dengan nilai harta bersih yang telah diungkapkan oleh wajib pajak.

Lega adalah Wajib Pajak dapat merasa lega jika pengampunan pajak diterima dan dilakukan penghapusan pajak terutang, sanksi administrasi dan sanksi pidana di bidang perpajakan untuk kewajiban perpajakan sebelum 31 Desember 2015.

Keuntungan mengikuti tax amnesty adalah :

  1. Penghapusan pajak terutang (PPh dan PPN dan/atau PPn BM), sanksi administrasi, dan sanksi pidana, yang belum diterbitkan ketetapan pajaknya.
  2. Penghapusan sanksi administrasi atas ketetapan pajak yang telah diterbitkan
    .
  3. Tidak dilakukan pemeriksaan pajak, pemeriksaan bukti permulaan, dan penyidikan Tindak Pidana di Bidang Perpajakan.
  4. Penghentian pemeriksaan pajak, pemeriksaan bukti permulaan, dan penyidikan Tindak Pidana di Bidang Perpajakan, dalam hal Wajib Pajak sedang dilakukan pemeriksaan pajak, pemeriksaan bukti permulaan, dan penyidikan Tindak Pidana di Bidang Perpajakan.
  5. Penghapusan PPh Final atas pengalihan Harta berupa tanah dan/atau bangunan serta saham.

Keyword : TAX AMNESTY     PENGAMPUNAN PAJAK

 TAX AMNESTY IN INDONESIA    KEUNTUNGAN TAX AMNESTY