Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang tabungan digital. Semua orang tentunya paham apa itu menabung. Menabung diartikan sebagai kegiatan menyisihkan sebagian uang yang dimiliki untuk kebutuhan yang akan datang. Menabung pun sudah menjadi budaya bagi masyarakat kita. Hampir semua orang tentunya memiliki tabungan, salah satunya menabung di bank.

Seiring perkembangan zaman dan teknologi, membuka tabungan di bank bisa dibuat tanpa harus repot-repot datang ke bank. Kita dapat membuat tabungan dimanapun dan kapanpun melalui aplikasi perbankan yang tersedia. Namun tentunya masih ada di antara kita yang belum memahami apa itu tabungan berbasis digital dan kelebihannya. Mari kita simak bahasan berikut.

Apa Itu Tabungan Digital?

Tabungan digital adalah jenis tabungan yang menawarkan bentuk pelayanan berbasis digital atau dapat diakses dengan menggunakan ponsel dan internet. Tabungan ini memiliki fungsi yang sama dengan tabungan konvensional. Mulai dari pembukaan rekening, menabung, transfer, tarik tunai, dan akses produk tabungan lainnya dapat kita lakukan melalui ponsel.

Apa Keuntungan dari Tabungan Digital?

  • Mudah Dibuat

Keuntungan pertama yang ditawarkan oleh adalah mudah dalam membuatnya. Untuk membuat rekening, kita tak perlu datang ke bank yang cukup menyita waku. Tinggal buka situs resmi bank atau menggunakan aplikasi yang disediakan oleh pihak bank dan melakukan registrasi.

Biasanya, identitas yang akan diminta untuk mengisi formulir pendaftaran adalah melampirkan identitas diri seperti KTP/SIM/Paspor, NPWP dan lainnya. Setelah semua sudah terisi lengkap dan telah mengirimkan formulirnya, kita tinggal menunggu kode verifikasi. Rekening bank pun jadi dalam hitungan menit. Selanjutnya pihak bank akan menghubungi untuk proses pengantaran kartu ATM dan juga buku tabungan.

  • Bebas dari Biaya Administrasi

Pada tabungan konvensional, kita dikenakan biaya administrasi tiap melakukan transaksi. Beberapa produk tabungan berbasis digital memberikan keuntungan berupa bebas dari biaya administrasi. Oleh karena itu tidak akan ada pemotongan saldo saat kita melakukan transaksi.

  • Bunga yang ditawarkan lebih besar

Pada umumnya, tabungan konvensional menawarkan bunga dengan kisaran 3 persen pertahunnya. Sedangkan tabungan digital dapat menawarkan bunga lebih besar hingga 5 persen pertahun, contoh tabungan yang menawarkan bunga cukup besar adalah Jenius. Hal ini tentunya cukup menguntungkan, semakin besar jumlah tabungan maka besar pula bunga yang didapatkan.

  • Bebas Menentukan Jangka Waktu Tabungan

Keuntungan terakhir dari adalah sudah disedikan fitur tabungan berjangka. Tabungan berjangka yakni tabungan yang hanya dapat diambil pada jangka waktu tertentu. Fitur ini tentunya bermanfaat bagi yang memiliki target jangka panjang.. Nanti tabungan tersebut bisa kita gunakan untuk keperluan yang direncanakan, misalnya untuk membayar biaya kuliah anak atau membeli properti.

Tips Memilih Tabungan Digital

  • Pilihlah Bank yang Kredibel

Banyaknya bank yang menawarkan fasilitas tabungan berbasis digital tentunya membuat Anda bingung untuk memilih bank yang sesuai kebutuhan. Sebaiknya lakukan survey terlebih dahulu terhadap nama dan rekam jejak kandidat bank yang akan kita dipilih melalui internet. Pilihlah bank yang telah mempunyai nama dan reputasi bagus di masyarakat. Selanjutnya, lakukan perbandingan terhadap keuntungan yang ditawarkan pada nasabah. Pilih bank dengan penawaran paling menguntungkan dan sesuai dengan kebutuhan kita.

  • Lakukan Logout Bila Telah Selesai Bertransaksi

Jangan lupa untuk keluar dari akun tabungan digital pada aplikasi ponsel apabila sudah tidak lagi digunakan. Hal ini dilakukan untuk menghindari orang lain menyalahgunakan akun Anda.

  • Hindari Menginstall Aplikasi di Ponsel yang Sudah Diretas

Cek terlebih dahulu ponsel yang kita miliki, apakah aman dari peretasan. Maksudnya adalah apakah kita sebagai pemilik ponsel sudah mengambil alih hak akses ke sistem ponsel. Hal ini umumnya dikenal dengan istilah root pada android dan jailbreak pada iOS. Ponsel yang sudah dimanipulasi sistemnya bisa memunculkan kemungkinan data yang berisikan info pribadi tentang akun tabungan dapat dicuri oleh hacker.

Nah itulah beberapa penjelasan mengenai tabungan digital. Dengan adanya tabungan berbasis digital, tentunya kita dipermudah dalam bertransaksi dan dapat memantau tabungan kita secara berkala. Perlu diingat juga, tabungan dapat menjadi pegangan bagi kebutuhan di masa mendatang.