Tabungan dan Investasi
Tabungan dan Investasi

Tabungan dan investasi merupakan kedua hal yang dianggap sama oleh masyarakat sampai saat ini. Masih banyak yang kebingungan dengan perbedaan investasi dan menabung. Sehingga saat mengatur pos pengeluaran dalam perencanaan keuangan, orang-orang memilih satu diantara keduanya. Padahal kedua pos pengeluaran tersebut jelas berbeda.

Dari sisi tujuan, tabungan dan investasi jelas berbeda. Tabungan bertujuan untuk memenuhi kebutuhan jangka pendek, sedangkan investasi ditujukan untuk kebutuhan jangka panjang dan memperoleh keuntungan. Jika demikian, mana yang harus dipilih? Menabung atau investasi? Mari kita simak perbedaannya lebih lanjut

APA PERBEDAAN TABUNGAN DAN INVESTASI

Menabung adalah kegiatan menyimpan uang yang disisihkan dari penghasilan yang diperoleh. Menabung biasanya dialokasikan untuk dana cadangan dengan tujuan berjaga-jaga mencukupi kebutuhan sehari-hari. Oleh karena itu, bisa diartikan bahwa menabung ditujukan untuk kebutuhan jangka pendek, di mana uang yang disimpan dapat diambil sewaktu-waktu saat dibutuhkan.

Sedangkan, investasi adalah aktivitas menempatkan dana pada periode waktu tertentu dengan harapan dapat memperoleh keuntungan atau peningkatan investasi di masa yang akan datang. Investasi baru memperlihatkan hasilnya atau bertumbuh dalam jangka waktu yang lama dan biasanya ditujukan untuk kebutuhan di masa mendatang seperti pendidikan anak atau membeli rumah.

MANA YANG LEBIH BERISIKO

Menabung memiliki risiko yang lebih kecil dari investasi, terlebih bila anda menabung di bank yang dikenal aman dan terpercaya. Sedangkan investasi memiliki risiko yang tinggi, terdapat kemungkinan uang investasi akan hilang atau mengalami kerugian.

Risiko berkaitan erat dengan bunga atau potensi keuntungan. Tabungan memiliki tingkat bunga yang relatif kecil, sedangkan investasi memiliki imbal hasil dan keuntungan yang besar. Hal ini sesuai dengan prinsip high risk high return.

APA SAJA BENTUK PRODUKNYA

Pada umumnya tabungan berupa uang yang disimpan dalam bentuk tabungan bank atau deposito. Sedangkan investasi memiliki berbagai macam produk. Terdapat dua jenis investasi, yakni investasi dalam bentuk aset rill yang terlihat wujdunya seperti properti atau tanah. Bentuk investasi yang kedua adalah investasi dalam bentuk keuangan alias produk produk pasar modal seperti saham, obligasi, dan reksadana yang masing-masing punya tingkatan keuntungan lebih tinggi jika dibandingkan dengan tabungan.

Saat ini produk investasi keuangan dapat diakses secara digital, contohnya adalah Bibit, yang menyediakan aplikasi untuk transaksi produk reksadana.

MANA YANG LEBIH MUDAH AKSESNYA

Tabungan lebih mudah diakses dan dicairkan saat kita membutuhkannya secara mendadak. Kita tinggal pergi ke bank atau ATM untuk mengambilnya. Sedangkan investasi tidak dapat diakses secara mendadak karena terdapat jangka periode tertentu yang membatasi kita untuk mengambilnya karena memang tujuannya adalah untukjangka panjang.

APA KEKURANGAN DARI TABUNGAN DAN INVESTASI

Tabungan memiliki kelemahan, yakni bunga tabungan yang jumlahnya tidak terlalu besar dan kadang sebanding atau bahkan lebih kecil dari biaya administrasi bulanan bank. Selain itu, saat akan melakukan penarikan uang atau transfer, bank mengenakan limit atau batasan per hari.

Investasi pun juga punya kekurangan, bagi produk investasi dalam bentuk keuangan, maka harus siap untuk mengalami kerugian atau bahkan kehilangan modal. Kita harus mampu memperkirakan resiko terburuk dan membaca situasi pasar. Untuk investasi dalam bentuk aset rill seperti tanah perlu modal yang tidak sedikit dan untuk mencairkannya memerlukan waktu yang cukup lama dan usaha lebih.

APA KELEBIHAN DARI TABUNGAN DAN INVESTASI

Keuntungan dapat diperoleh jika sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai dari menabung dan berinvestasi. Bila kita membutuhkan dana untuk berjaga-jaga dan kebutuhan jangka pendek, maka yang paling sesuai adalah memiliki tabungan.

Sedangkan untuk investasi, diperlukan kemampuan dalam menganalisa keadaan pasar dan perkiraan risiko yang akan ditanggung. Apabila kita dapat melakukannya dengan baik, maka akan diperoleh keuntungan yang sesuai dengan ekspetasi.

Itulah beberapa penjelasan mengenai tabungan dan investasi. Dari penjelasan diatas kita dapat memilih secara bijak apakah akan menabung atau berinvestasi berdasarkan tujuan yang ingin dicapai dan kebutuhan kita. Apabila sudah sesuai dengan tujuan dan kebutuhan, maka keuntungan dapat diperoleh.

Apa tanggapanmu tentang Artikel di atas tadi ?