Berbicara mengenai peluang usaha dan bisnis pasti tiap tahunnya mengalami perkembangan. Hal ini tidak lepas dari kemajuan teknologi yang turut memepengaruhi kegiatan perekonomian.

peluang usaha

 

Dengan kemajuan teknologi juga mendorong banyak orang untuk membuat bermacam inovasi dan kreatifitas dalam berbagai hal yang seringkali kita jumpai.

Bagi Anda yang ingin memulai bisnis, di tahun 2017 ini ada beberapa peluang usaha dan bisnis yang bisa Anda jalankan untuk menambah penghasilan atau bahkan bisa berpotensi menjadi sebuah sumber penghasilan utama yang menjanjikan.

 

   1. Bisnis Waralaba (Franchise)

 

 

Apa yang dimaksud dengan waralaba ? Waralaba atau yang dalam bahasa inggris “Franchise” adalah bentuk kerjasama bisnis kemitraan dari perusahaan yang sudah mapan dan terkenal dengan seorang individu atau perusahaan lain yang akan memakai merek atau hak patennya.

Dengan kata lain jika Anda akan berbisnis waralaba berarti Anda akan diberikan hak menggunakan suatu merk untuk diterapkan pada usaha Anda. Dengan mengadopsi semua identitas seperti  sistem operasionalnya, baik dari segi manajemen, marketing dan Standard Operating Procedure (SOP) secara sah.

Memulai bisnis ini sangat cocok bagi Anda yang masih terkendala dengan pengalaman, ide usaha dan kurang yakin bila memulai untuk merintis bisnis sendiri.

Anda hanya perlu menyiapkan modal dan persyaratan dari pihak franchisor atau pemberi franchise, dengan begitu Anda tinggal menjalankan usaha tersebut.

Yang perlu diperhatikan saat memilih waralaba apa yang cocok untuk Anda adalah yang segmentasi pasar, tempat dan trend saat itu.

Contohnya Anda akan membuka usaha tempat makan yang targetnya adalah mahasiswa, maka yang perlu diperhatikan adalah tempatnya harus dapat diakses dengan mudah oleh para mahasiswa kemudian dengan harga yang terjangkau dan brand atau merk yang sudah terkenal pasti usaha Anda akan banyak dikunjungi oleh target Anda yaitu para mahasiswa.

(Baca Juga : Kelebihan dan Kekurangan Berbisnis Waralaba (Franchise)

    Namun dibalik kemudahan menjalankan bisnis waralaba juga terdapat kekurangan dari bisnis ini, diantaranya adalah kurangnya kendali karena semua sistemnya dibuat oleh pemilik waralaba, biaya awal saat mengajukan waralaba, dan pemotongan keuntungan karena Anda harus membayar royaliti atas hak paten tersebut.

 

 

    2.  Penulis Artikel

 

Jika Anda memiliki hobi di bidang penulisan Anda bisa mencoba menjadi seorang penulis artikel freelance baik di media cetak ataupun di media online.

Saat ini banyak menjamur berbagai media online yang menawarkan pekerjaan sebagai penulis artikel untuk website mereka. Jika Anda memiliki skill yang memadai dalam bidang penulisan maka bisa saja mereka akan menjadikan Anda sebagai penulis tetap.

Anda bisa mencari lowongan tersebut dari mesin pencari atau bisa juga langsung pada website seperti sribulancer, kontenesia.com, contentwritter.com, di kaskus dan olx biasanya juga ada lowongan untuk menjadi  seorang penulis.

Jika Anda memiliki kemampuan berbahasa inggris yang bagus maka akan menjadi nilai tambah bagi Anda karena gaji yang ditawarkan lebih banyak terutama jika klien adalah seorang atau suatu perusahaan di luar negri biasanya untuk tiap tulisan yang berkualitas dengan rata-rata 1000 kata bisa dibayar hingga $40 atau sekitar 500 ribu rupiah.

Anda bisa mencari lowongan menjadi penulis artikel berbahasa inggris di freelancewritting.com, freelancewritinggigs, freelancer dan masih banyak lagi.

Selain itu menulis di media cetak bisa juga mendapatkan penghasilan yang lumayan karena Anda bisa mendapatkan honor yang berkisar antara 100.000 hingga 1 juta rupiah. Anda bisa mengirimkan tulisan karya Anda ke redaksi majalah atau koran seperti Jawa Pos, Kompas dan lain sebagainya.

 

    3. Menjadi Blogger

 

 

Di zaman yang serba digital ini banyak masyarakat yang lebih memilih sumber informasi dari internet daripada mencarinya di buku. Karena mencari informasi di internet tidak memakan waktu dan biaya yang banyak. Apakah Anda juga merasakan hal yang sama?

Kini selain menjadi penulis pada media online anda juga bisa menulis pada blog Anda sendiri. Dengan membuat blog Anda bisa membagikan pengalaman dan ilmu yang bermanfaat bagi orang lain secara cuma-cuma alias gratis. Lalu dimanakah letak penghasilannya ? tentu muncul pertanyaan tersebut di benak Anda.

Memang untuk menghasilkan uang dari blog membutuhkan proses yang cukup panjang. Namun jika tulisan Anda bermanfaat dan mampu memberi solusi atas peermasalahan pembacanya maka secara otomatis blog Anda pasti memiliki pengunjung yang banyak.

Setelah pengunjung blog Anda mulai banyak, disinilah akan ada penghasilan terutama dari iklan. Banyak blogger Indonesia yang sukses meraup ratusan bahkan ribuan dolar per bulannya hanya dari blognya tersebut. Yang paling penting disini adalah berbagi informasi dan pengetahuan yang Anda miliki pada orang lain untuk masalah penghasilan pasti akan mengikuti.

 

    4. Menjadi Youtuber

 

 

Saat ini youtube merupakan tontonan banyak orang di dunia yang aksesnya sangat mudah. Bahkan saat ini kebanyakan anak muda lebih sering menonton youtube daripada televisi. Mengapa demikian ? Karena video di youtube lebih menarik dan kreatif daripada tayangan di televisi.

Jika Anda memiliki keahlian dalam videografi, maka tak ada salahnya untuk mencoba menjadi seorang youtuber. Anda bisa memilih kategori video sesuai dengan minat dan kemampuan Anda.

Misalnya membuat video musik, komedi atau Animasi lucu yang menghibur, menyatakan pendapat tentang kondisi lingkungan sekitar dengan cara yang menarik, atau bisa juga menceritakan pengalaman pribadi melalui vlog yang kini sedang tren.

Banyak youtuber Indonesia yang memperoleh pendapatan dari youtube mulai jutaan hingga puluhan rupiah seperti Raditya Dika, Edo Zhell, Bayu Skak dan masih banyak lagi.

 

    5.  Cuci Motor

 

 

Selama tahun 2017 ini di berbagai kota di Indonesia hampir setiap hari mengalami hujan. Saat musim hujan tentu banyak kendaraan yang kotor karena terkena air hujan dan lumpur.

Kondisi cuaca ini bisa Anda manfaatkan untuk membuka jasa pencucian motor. Karena banyak orang yang tidak punya waktu atau cenderung malas untuk mencuci motornya sendiri.

Usaha ini juga sangat potensial melihat peningkatan jumlah kendaraan bermotor tiap harinya.

 

   6. Laundry Pakaian

 

 

Usaha jasa yang satu ini juga sangat menjanjikan terutama jika Anda membuka usaha di sekitaran kampus dimana target utamanya adalah mahasiswa.

Saat ini kebanyakan mahasiswa lebih memilih menggunakan jasa laundry ketimbang mencuci pakaiannya sendiri. Alasannya karena menggunakan jasa laundry dianggap lebih bersih dan biayanya yang cukup terjangkau.

Saat memulai usaha ini tempat dan target konsumen merupakan faktor penting. Jangan sampai Anda membuka usaha laundry di sebuah daerah yang kebanyakan dari mereka mencuci pakaiannya sendiri atau sudah punya asisten rumah tangga yang mencucikan pakaian mereka.

 

   7. Bisnis Fashion

   Saat ini fashion merupakan sebagian dari hidup terutama bagi anak muda zaman sekarang yang kekinian. Anda bisa memulai berjualan pakaian, tas, gelang branded atau fashion berbau korea atau yang memiliki banyak penggemar.

Bisnis ini pemasarannya sangat cocok menggunakan social media karena saat ini hampir semua orang punya sosial media mulai dari anak kecil sampai orang dewasa.

 

1 COMMENT

Apa tanggapanmu tentang Artikel di atas tadi ?