Belakangan ini banyak sekali orang yang sudah mulai sadar akan pentingnya berinvestasi. Salah satu instrumen investasi yang patut dipertimbangkan adalah saham (Equity) di Bursa Efek Indonesia.

Permasalahan utamanya adalah, banyak yang masih belum paham bagaimana cara untuk membuka rekening saham. Sebenarnya, persyaratan untuk memiliki rekening efek sendiri tidaklah terlalu ribet.

Berikut adalah langkah-langkah membuka rekening untuk berinvestasi di Saham.

  1. Menentukan Sekuritas

Langkah pertama ini merupakan satu hal yang paling penting, sebab tiap-tiap sekuritas memiliki kelebihan dan kekuarangan tersendiri. Poin penting yang harus dipertimbangkan antara lain:

  • Pertimbangkan dan hitung biaya transaksi tiap sekuritas
    Setiap sekuritas tentu memiliki ‘tarif’ transaksi yang berbeda-beda, carilah informasi di website sekuritas tersebut tentang berapa besarnya biaya transaksi yang dibebankan.
  • Lihat kredibilitas sekuritas tersebut
    Memilih sekuritas yang kredibel adalah hal yang penting, sebab Anda tentu tak ingin tiba-tiba mengalami masalah saat bertransaksi saham, entah itu masalah teknis maupun non-teknis.
    Pilihlah sekuritas yang terdaftar di BEI dan memiliki izin dari OJK. Daftar sekuritas bisa dilihat disini
  • Kemudahan transaksi
    Sebagai contoh, ada sekuritas yang memang memberikan kemudahan kepada investor pemula untuk membuka rekening dengan setoran awal yang sangat terjangkau (biasanya hanya 100rb).
    Selain itu, anda sebaiknya juga memilih sekuritas yang menyediakan rekening efek (penampung) dengan bank yang sama dengan yang Anda miliki. Hal ini bertujuan agar meminimalisir biaya transfer jika berbeda bank. (Anda bisa melihat informasi bank yang tersedia dengan menghubungi pihak sekuritas atau melihat dari website mereka).

2. Kelengkapan Administrasi

Setelah menentukan sekuritas mana yang Anda pilih, maka selanjutnya Anda perlu menyiapkan seluruh kelengkapan Administrasi yang dibutuhkan. Secara umum, dokumen persyaratan yang dibutuhkan, antara lain:

  • Foto e-KTP
  • Foto Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)
    (opsional, bagi pelajar yang belum punya NPWP tetap diperbolehkan)
  • Foto halaman depan rekening tabungan pribadi.

3. Mulai Mendaftar

Anda bisa langsung mengunjungi kantor sekuritas pilihan Anda yang terletak di sekitar kota Anda. Lokasinya bisa kita cari via google map…

Selain itu, saat ini sudah banyak sekuritas yang bisa melakukan pendaftaran secara online, biasanya anda hanya perlu mengisi formulir lalu mengirimkan ke alamat yang telah ditentukan. Bahkan ada juga sekuritas yang sudah 100% online, sehingga Anda tidak perlu lagi mengirim dokumen kelengkapan tersebut.

Setelah mendaftar, Anda tinggal menunggu rekening efek dan akun Anda jadi. (Biasanya sih, kurang lebih sekitar dua minggu, jadi harap bersabar ya…).

Kemudian Anda juga akan menerima kartu Akses KSEI, kartu ini dipergunakan untuk melakukan login ke website KSEI, dan tentunya sebagai tanda bukti bahwa Anda adalah salah satu investor di Indonesia, keren bukan.

Setelah semua proses tuntas, maka Anda sudah bisa membeli saham dari seluruh perusahaan yang terdaftar di BEI. Dengan ikut memiliki sahamnya, maka Anda juga resmi menjadi pemilik dari perusahaan tersebut dan berhak menerima bagi hasil dari keuntungan (deviden), berhak ikut dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS).

Secara umum, begitulah langkah-langkah cara membuka rekening efek untuk investasi saham. Untuk panduan secara detailnya, bisa Anda lihat secara langsung saat melakukan pendaftaran di sekuritasnya. Namun jika ada pertanyaan maka jangan sungkan untuk tinggalkan komentar di bawah ini.