Apa Itu Promo Cashback dan Bagaimana Mendapatkannya?

promo cashback, cashback

Saat ini kita sering melihat iklan atau produk yang menggunakan kata “cashback” atau mengklaim akan memberikan promosi cashback. Tapi, apakah Anda mengetahui arti dari cashback, bagaimana cara kerjanya dan cara mendapatkannya? Berikut pembahasan lengkapnya.

Cashback Adalah…

Menurut Kamus Oxford, cashback adalah bentuk insentif yang ditawarkan kepada pembeli suatu produk di mana mereka mendapatkan pengembalian uang setelah melakukan pembelian.

Pengembalian uang ini biasanya hanya beberapa persen saja dari total pembelian dan bisa berupa uang tunai, uang virtual, atau produk. Selain itu, biasanya pengembalian ini juga dilakukan hanya jika pembelian yang dilakukan memenuni syarat pembelian tertentu yang ditentukan oleh pihak penjual atau penyelenggara cashback tersebut.

Walaupun tidak jarang ditemukan promosi cashback yang berupa pengembalian uang tunai langsung kepada pembeli, sebagian besar pengembalian uang dalam promosi cashback berupa deposit atau saldo pada rekening pembeli yang bisa diakses untuk pembelian di kemudian hari. Metode deposit ini digunakan agar pembeli harus kembali lagi ke toko atau pihak penjual yang menyelenggarakan cashback dan menggunakan deposit tersebut untuk berbelanja lagi di tempat yang sama. Cashback juga bisa memiliki bentuk yang lain seperti voucher atau produk. 

Jenis-Jenis Program Cashback yang Umum Ditemukan

cashback kartu kredit
image: pexel.com

Ada beberapa jenis program cashback yang seringkali ditemukan di sekitar kita:

  • Cashback Kartu Kredit/E-Wallet

Promosi cashback ini adalah program yang biasanya dikeluarkan oleh suatu bank atau e-wallet tertentu yang memberikan keuntungan kepada nasabah di mana penerbit kartu kredit atau e-wallet memberikan pengembalian berupa saldo sebesar persentase tertentu dari transaksi yang Anda lakukan dengan syarat nilai transaksi Anda mencapai suatu nominal yang mereka tentukan.

Bentuk lain promosi cashback ini adalah potongan harga dari hasil pembelajaan yang dilakukan. Bentuk pengembalian yang dilakukan biasanya tergantung kebijakan masing-masing bank serta jenis kartu yang dimiliki dan jumlah persentase uang yang dikembalikan juga bervariasi sesuai jumlah transaksi yang dilakukan. Akumulasi dari pengembalian uang pada promosi cashback kartu kredit/e-wallet setiap bulan bisa Anda gunakan untuk melakukan transaksi atau pembelanjaan lain.

  • Cashback dari Toko Online

Pada promosi cashback ini, toko online memberikan keuntungan untuk konsumen di mana pihak penjual memberikan pengembalian sejumlah uang tertentu apabila konsumen melakukan pembelian barang di toko tersebut dan mencapai jumlah nominal transaksi tertentu atau jumlah barang tertentu.

Promosi dari toko online biasanya bukan berupa pengembalian uang tunai, tapi cashback untuk pembelajaan berikutnya di toko yang sama. Jadi, setelah mendapatkan promosi cashback pada pembelanjaan pertama di sebuah toko, Anda akan mendapatkan potongan sesuai dengan jumlah cashback yang Anda terima pada pembelanjaan selanjutnya. Namun, cara kerja promo cashback ini juga bisa bervariasi, tergantung ketentuan dari pihak toko online.

  • Cashback Properti

Jenis promosi cashback ini adalah program yang dikeluarkan oleh pihak pengembang atau developer properti di mana pengembang memberikan cashback kepada pembeli properti yang mereka jual. Biasanya, cashback yang diberikan berupa barang pelengkap properti yang dibeli, misalnya TV, AC, atau kulkas bahkan kendaraan bermotor. Bagi konsumen, cashback seperti ini umumnya dianggap menguntungkan karena konsumen melakukan penghematan setelah membeli properti berharga cukup mahal.

Selain jenis-jenis promosi cashback tersebut juga ada jenis-jenis cashback yang lain seperti cashback untuk paket wisata, perlengkapan sekolah dan lain sebagainya sesuai dengan ketentuan setiap perusahaan, merchant atau penyelenggara promo cashback.

Kelebihan dan Kekurangan Cashback

Setiap promosi pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri, termasuk cashback. Kelebihan utama cashback tentunya adalah bagaimana promo ini bisa memberikan uang kembali bagi konsumen dan manfaatnya dapat mereka rasakan sebagai bonus dari pembelian yang dilakukan atau bentuk penghematan untuk transaksi selanjutnya.

Dari segi kekurangan, tidak bisa dipungkiri bahwa ada beberapa ketentuan dari cashback yang harus dipenuhi konsumen untuk bisa mendapatkannya. Syarat dan ketentuan tersebut bisa berupa jumlah minimum transaksi yang harus dilakukan, periode waktu tertentu untuk bertransaksi, masa berlaku yang terbatas, iuran tertentu yang harus dibayar untuk mendapatkan cashback, dan bentuk cashback yang ditentukan oleh pihak penjual.

Bagaimana Cara Mudah Mendapatkan Cashback?

Ada berbagai cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapat cashback. Anda bisa mengecek langsung ke toko favorit Anda untuk mengetahui apakah mereka mengadakan promo cashback atau mencari info dari pihak penyedia kartu kredit atau e-wallet mengenai promosi cashback yang mereka adakan. Anda juga bisa menggunakan aplikasi yang memberikan cashback kepada penggunanya, seperti aplikasi Cashbac – aplikasi yang memberikan instant cashback setiap Anda bertransaksi di merchant favorit Anda.

Dengan aplikasi ini, Anda tidak perlu lagi repot-repot mencari tahu tentang promosi cashback dari satu per satu toko ataupun penyedia kartu kredit/e-wallet karena dengan aplikasi Cashbac, Anda bisa mengetahui merchants yang memberikan promo cashback di sekitar Anda. Cara menggunakannya juga mudah: cukup download aplikasi Cashbac, isi data kartu kredit/kartu debit/e-wallet, dan lakukan transaksi dengan Cashbac untuk mendapatkan cashback-nya. Cashback yang diberikan bebas dari syarat membayar iuran tertentu dan masa berlaku – Anda bisa menggunakannya kapanpun selama akun Anda aktif. Anda juga bisa langsung menggunakan cashback yang Anda peroleh untuk transaksi selanjutnya di lebih dari 1.000 merchants, termasuk restoran, kafe, spa, dan tempat karaoke.

Jadi, cashback adalah salah satu promosi yang bisa Anda manfaatkan karena bisa memberikan banyak keuntungan bagi Anda. Walaupun ada banyak jenis serta kelebihan dan kekurangan dari promosi tersebut, bukan berarti Anda harus mengalami kesulitan untuk memanfaatkannya. Bersama Cashbac, Anda bisa mendapatkan dan menggunakan promosi cashback dengan mudah.

Penulis: Mary Chelsea
Blog: http://cashbac.com/blog

Apa tanggapanmu tentang Artikel di atas tadi ?