Generasi Milenial Investasi
Investasi Secara Digital ala Milenial

Jenis Investasi Milenial – Generasi milenial adalah generasi yang lahir ditengah kemajuan teknologi. Hal ini tentunya mempengaruhi cara berpikir dan berperilaku, berbeda dengan generasi sebelumnya. Generasi ini lebih menyukai segala sesuatu yang dapat diperoleh dengan cepat dan praktis.

Dengan banyaknya tuntutan dan juga biaya untuk masa depan yang melonjak dari tahun ke tahun, seperti dana pendidikan anak, kesehatan, dan lain-lainnya, membuat para generasi milenial dituntut mulai berpikir untuk tak hanya mengandalkan gaji kantoran atau usaha yang sedang dijalani.

Keberadaan investasi sekarang menjadi perhatian generasi milenial karena dianggap lebih menguntungkan dan prosesnya cepat. Namun dalam memilih dan memilah investasi, harus dilakukan perhitungan yang tepat dan disesuaikan dengan kebutuhan.   

Berikut ini beberapa pilihan jenis investasi Milenial:

Reksadana

Reksadana

Jenis investasi milenial yang pertama adalah Reksadana yang merupakan wadah yang dipakai untuk mengumpulkan dana dari masyarakat pemodal yang selanjutnya diinvestasikan oleh manajer investasi. Jenis investasi ini dibuat untuk pemodal kecil yang tidak punya waktu dan keahlian terbatas untuk berinvestasi. Dana yang terkumpul dari pemodal-pemodal kecil ini dipercayakan dan dikelola oleh manajer investasi.

Saat ini reksadana dapat diakses secara digital. Telah banyak perusahaan yang membuat aplikasi investasi reksadana yang bertujuan mempermudah penggunanya. Apalagi reksadana modalnya terjangkau oleh semua kalangan, anda dapat membeli reksadana dengan modal di bawah 100rb dengan pilihan yang bermacam-macam.

Saham

Indeks Harga Saham Gabungan di Bursa Efek Indonesia

Saham adalah sebuah dokumen berharga yang dapat menampilkan bagian kepemilikan dari suatu perusahaan. Artinya, saat seseorang memutuskan untuk membeli saham, maka sebenarnya orang tersebut telah membeli sebagian dari kepemilikan perusahaan yang menerbitkan saham tersebut.

Di masa sekarang, investasi saham dapat dibeli melalui aplikasi berbasis online yang dibuat oleh perusahaan sekuritas (perusahaan yang menjadi perantara antara bursa efek dengan calon investor). Harga dari saham pun bervariasi, tentunya dapat dijangkau dengan modal kecil dan pembayaran secara non-tunai.

Equity Crowd Funding

Equity Crowd Funding

Equity crowd funding atau bisa disebut juga penggalangan dana adalah proses mengumpulkan sejumlah kecil uang yang diperuntukkan bagi sebuah proyek atau usaha oleh sejumlah besar orang. Pengumpulan ini biasanya dilakukan melalui platform online.

Jika dilihat sekilas, konsepnya mirip dengan pendanaan biasa. Akan tetapi, equity crowdfunding (ECF) punya sistem seperti membeli saham, berbeda halnya dengan peer to peer lending, yang hanya meminjamkan dana saja.

Salah satu ECF yang ada di Indonesia adalah Santara.

Peer to Peer lending (P2P Lending)

Peer to peer lending adalah investasi dimana mempertemukan pihak pemberi pinjaman (investor) dengan para peminjam melalui platform online. Baik pihak pemberi pinjaman maupun peminjam dapat merupakan individu maupun bisnis. Sehingga, bisa dibilang kalau peer to peer lending ini sudah seperti online marketplace untuk aktivitas pinjam-meminjam uang.

Alasan P2P Lending cocok sebagai pilihan berinvestasi, anda dapat menempatkan uang melalui peer to peer lending dan memperoleh keuntungan. Lalu, di sisi lain, bagi yang membutuhkan dana tapi enggan mengajukan pinjaman ke bank atau jasa kredit lain, bisa menggunakan P2P juga.

Rumah/Properti

Rumah/Properti merupakan investasi yang sangat populer bagi semua kalangan. Kita dapat menabung sejak dini untuk mempersiapkan dana bagi inveatasi rumah. Harga rumah dan properti seperti rumah toko atau apartemen yang terus naik dari tahun ke tahun membuat rumah adalah salah satu keuntungannya. Tak hanya dapat menjadi investasi cadangan, bentuk investasi ini juga dapat menjadi investasi bagi keluarga di masa depan atau tempat bisnis.

Emas

Emas tak hanya populer sebagai perhiasan, tapi juga dapat menjadi pilihan investasi yang sangat menguntungkan. Karena emas merupakan barang yang harganya cenderungan naik serta jarang mengalami penurunan dalam jumlah yang signifikan. Contoh yang kini terjadi di masa pandemi Covid-19,harga emas mengalami peningkatan cukup signifikan. Saat ini kita dapat berinvestasi emas secara digital. Kita dapat membeli emas secara online lewat aplikasi atau website, tidak perlu ke toko emas, kemudian pembayaran cukup via transfer, nantinya jumlah emas yang sudah dibeli tercatat di aplikasi atau situs tempat kita membeli emas tersebut.

Deposito

Deposito merupakan produk simpanan di bank yang penyetorannya maupun penarikannya hanya dapat dilakukan di waktu tertentu. Jika dana yang disimpan diambil sebelum waktunya, maka akan terkena denda penalti. Yang menjadi kelebihan deposito adalah semakin besar dan semakin lama dana disimpan, maka semakin besar pula bunga yang ditawarkan.

Generasai milenial bisa mencoba deposito berjangka sebagai langkah awal investasi. Sesuai namanya, ada jangka waktu tertentu di mana bisa mengambil uangnya (3 bulan, 6 bulan, sampai 12 bulan). Saat ini tiap bank telah menawarkan produk deposito di e-Banking atau internet Banking sehingga lebih praktis tanpa harus datang ke bank, untuk pembayaran dapat dilakukan melalui transfer bank.

Itulah beberapa jenis investasi milenial yang patut untuk dicoba dan dijadikan referensi untuk kedepannya.

Apa tanggapanmu tentang Artikel di atas tadi ?