Selain menjadi orang yang sukses, impian kebanyakan orang di dunia ini adalah menjadi kaya. Namun impian tersebut rasanya sulit diwujudkan jika kita masih saja bermalas-malasan.

Tak bisa dipungkiri memang setiap orang pasti memiliki rasa malas,  malas memang sifat yang manusiawi. Bahkan orang yang paling rajinpun pasti pernah dihinggapi rasa malas.

Namun sifat malas ini sebenarnya bisa dikendalikan loh, jika orang tersebut mau melakukannya. Karena dengan hanya bermalas-malasan pasti hidup kita tidak akan menjadi orang yang sukses.

Begitu juga dengan kondisi finansialmu, bahkan kemalasan yang kecil pun bisa menimbulkan kerugian yang tidak kecil dan bahkan bisa menyebabkan dompet kosong.

dompet kosong
via viva.co.id

Inilah 5 Kemalasan yang menyebabkan dompet Anda kosong sebelum waktunya.

 

1. Malas merencanakan budget

Membuat anggaran pengeluaran (budgeting) adalah hal yang paling penting sebelum Anda membelanjakan uang tersebut.

Buatlah setiap anggaran tentang kebutuhan apa saja yang harus dipenuhi, berapa uang yang harus disisihkan untuk keadaan darurat, berapakah Anda bisa meyisihkan uang yang ditabung untuk keperluan masa depan atau berapa uang yang harusnya tidak Anda belanjakan untuk kebutuhan yang tidak penting.

Jika merencanakannya saja sudah malas, apalagi melakukannya. Kondisi ini pasti akan membuat pengeluaran Anda menjadi tidak terarah, isi dompet pun bisa-bisa kosong sebelum waktunya.

 

2. Malas mencatat pengeluaran

Jika Anda malas mencatat pengeluaran maka Anda tidak akan bisa mengontrol berapa uang yang sudah dibelanjakan dan untuk apa saja uang tersebut.

Mencatat pengeluaran ini tak kalah pentingnya loh, dengan merencanakan budget tadi. Bahkan jika Anda bisa memadukan kedua hal ini, Anda bisa dengan mudah untuk melakukan evaluasi kondisi finansial Anda.

Walaupun kelihatanya ribet, apa-apa dicatat, sedikit-sedikit dicatat. Namun manfaatnya lebih besar daripada keribetannya.

3. Malas Menyisihkan Uang untuk Menabung dan Berinvestasi di Awal Bulan

Kebanyakan dari kita seringkali menyisihkan uang untuk ditabung hanya pada akhir bulan sisa dari uang belanjaan.

Bahkan jarang menyisihkan uang untuk investasi, padahal investasi sangat penting jika Anda ingin kaya.

Semakin malas Anda melakukan hal ini, Anda akan kehilangan kesempatan untuk mengembangkan uang Anda. Jika kemalasan ini berlangsung bertahun-tahun kerugian yang Anda alami akan semakin banyak.

4. Malas Membandingkan Harga Sebelum Membeli Barang

Sebelum Anda membeli sesuatu, bandingkan terlebih dahulu dengan barang sejenis dari beberapa penjual. Dengan melakukan perbandingan itu, Anda akan tahu apakah harga yang harus Anda bayar itu mahal, sesuai harga pasar, ataukah justru murah.

Jika Anda langsung bertransaksi tanpa melakukan perbandingan, sementara harga yang harus dibayar terbilang mahal. Tentu Anda akan menjadi rugi, bukan.

Prinsip ini berlaku untuk banyak hal. Termasuk di bidang keuangan. Jika Anda melakukan perbandingan pada kartu kredit atau kredit tanpa agunan yang akan ajukan, bisa membantu Anda untuk menghemat isi dompet dengan mendapatkan kartu kredit yang tepat.

5.Malas Mencatat Tanggal Jatuh Tempo Tagihan

Setiap tagihan pasti memiliki tanggal jatuh tempo. Itulah tanggal terakhir Anda untuk membayar cicilan.

Malas mencatat tanggal jatuh tempo tiap tagihan akan berakibat buruk bagi kondisi keuangan Anda. Anda bisa mencatat di note atau di smartphone setiap tagihan, nominal, dan tanggal jatuh tempo.

Dengan begini, Anda akan terhindar denda gara-gara hal sepele, lupa mengingat tanggal jatuh tempo cicilan.

 

Itulah beberapa kemalasan yang menyebabkan dompet Anda kosong sebelum waktunya. Sebaiknya mulai sekarang jangan malas-malas untuk melakukan hal kecil yang manfaatnya lebih besar bagi Anda.

Apa tanggapanmu tentang Artikel di atas tadi ?