Kebiasaan adalah sebuah hal yang sering tidak kita sadari, baik itu kebiasaan yang baik maupun kebiasaan yang buruk. Kebiasaan inilah yang akan membentuk karakter dan kepribadian setiap manusia.

 

kaya

via parade.com

Selain itu, kebiasaan juga merupakan salah satu faktor penting dalam kesuksesan seseorang.

Nah, jika Anda ingin meraih sukses dan menjadi orang kaya, sebaiknya sudahi segera kebiasaan bermalas-malasan.

Mulailah kebiasaan-kebiasaan yang buat Anda jadi kaya, apa saja kebiasaan-kebiasaan tersebut. Ini dia 17 Kebiasaan yang bisa buat Anda jadi kaya.

1. Punya Tujuan

Setiap hal yang Anda lakukan haruslah mempunyai tujuan yang jelas. Semakin spesifik tujuan Anda, semakin bagus karena Anda bisa lebih fokus untuk mencapainya.

Misalnya saja di usia 30 Anda sudah memiliki rumah sendiri, atau juga pada usia 40 Anda sudah memiliki usaha sendiri yang sukses tanpa harus bekerja pada orang lain.

Tanpa kebiasaan untuk menetapkan tujuan yang jelas maka hidup Anda akan terbiasa hidup tidak jelas.

Oleh karena itu tentukanlah setiap tujuan dengan jelas, walaupun tujuan tersebut belum tercapai tapi setidaknya usaha yang Anda lakukan membuat Anda sudah beberapa langkah lebih maju untuk mencapainya.

2. Buat Budget

Membuat budget berguna untuk menyesuaikan pendapatan yang Anda peroleh dan berapa uang yang ingin Anda belanjakan.

Kebanyakan orang tidak merencanakan hal tersebut, mereka beranggapan “yang penting buat sebulan cukup”.

Walaupun pada kenyataannya uang Anda cukup untuk menanggung semua pengeluaran tersebut. Kebiasaan melupakan budgeting jika tidak segera diubah maka bisa berakibat buruk bagi kondisi keuangan Anda. Karena Anda tidak akan punya kontrol dalam mengeluarkan pendapatan yang sudah Anda peroleh.

3. Rajin Berinvestasi

Sebagian masyarakat Indonesia sebenarnya sudah mengenal investasi sejak dulu kala walaupun investasi secara konvensional.

Contohnya saja seorang kakek yang pada masa mudanya adalah seorang petani dan menanam pohon kelapa di lahan yang sangat luas, dan hasilnya masih bisa dinikmati oleh anak cucunya saat panen bahkan setelah sang kakek tersebut sudah tiada.

Walaupun sudah banyak yang mengenal cara berinvestasi namun tidak banyak yang melakukannya.

Apalagi investasi di pasar modal, Indonesia pada saat ini mengalami kenaikan jumlah investor yakni mencapai lebih dari 1 juta investor, seperti yang dirilis oleh PT. Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) pada bulan Juni 2017.

Namun angka tersebut kurang dari 1% dari total penduduk Indonesia yang berjumlah lebih dari 250 juta.

Berbeda dengan negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura yang jumlahnya lebih dari 30% dari total penduduknya

Dengan berinvestasi secara rutin sedini mungkin maka keuntungan (return) yang bisa Anda peroleh semakin banyak.

Ada juga fasilitas auto-debet yang akan memudahkan Anda berinvestasi tiap bulannya dengan cara memotong saldo rekening secara otomatis untuk di investasikan.

Apalagi sekarang sudah banyak sekali fasilitas berinvestasi yang mudah dan murah, bahkan reksadana sekarang pun bisa dibeli hanya dengan 10 ribu rupiah saja. Jadi tidak ada alasan untuk tidak berinvestasi.

(Baca Juga : Apa itu Reksadana)

4. Tabungan Rencana

Bagi Anda yang sulit berinvestasi atau menabung bisa gunakan fasilitas dari perbankan yaitu tabungan rencana. Dengan tabungan rencana setiap gaji yang Anda terima tiap bulannya di rekening akan dipindahkan secara otomatis ke rekening tabungan rencana.

Nah dana yang sudah terkumpul bisa digunakan untuk tujuan yang sudah direncanakan sebelumnya seperti untuk biaya sekolah anak, biaya ibadah haji, dan lain sebagainya.

5. Bayar Tagihan Kartu Kredit Secara Penuh

Hutang adalah sesuatu yang sangat mengerikan, jika Anda tidak melunasinya tepat waktu maka ada denda yang siap menanti.

Bagi Anda yang suka berbelenja dengan kartu kredit sebaiknya pikirkan dua kali karena jika cicilan yang Anda ambil semakin lama, semakin besar pula bunga yang harus Anda tanggung.

Jika terpakasa maka  segera lunasilah utang di kartu kredit Anda secara penuh.

6. Sering Bernegosiasi

Tak jarang dalam membeli barang kita langsung saja membelinya tanpa melakukan tawar-menawar terlebih dahulu.

Memang sih kebanyakan menawar pasti bikin malu, tapi jika Anda mendapat harga yang lebih murah dari harga aslinya maka sisanya bisa Anda gunaka untuk keperluan lain atau bisa juga digunakan untuk menabung dan berinvestasi.

Hal ini akan lebih terasa jika Anda membeli barang dengan harga yang mahal seperti properti, tanah atau kendaraan bermotor.

Nah jika dengan menawar saja Anda bisa mendapatkan harga yang lebih murah, kenapa tidak. Tapi jangan keterlaluan ya kalau menawar, yang wajar-wajar saja.

7. Melakukan Sesuatu Sesegera Mungkin

Semua tugas dan tanggung jawab yang diemban sebaiknya dilakukan sesegera mungkin ketika Anda punya waktu untuk mengerjakannya.

Walaupun deadline yang diberikan masih jauh kalau diselesaikan segera, Anda punya banyak waktu untuk mengerjakan hal lain atau bahkan bisa bersantai tanpa khawatir dengan tanggung jawab Anda.

Kita jarang melihat orang yang menunda-nunda pekerjaannya bisa sukses, kebanyakan orang yang kaya dan sukses pasti melaksanakan tugasnya sesegera mungkin.

8. Tepat Waktu

Kebiasaan ini masih berhubungan dengan poin sebelumnya. Jika ada pepatah mengatakan “time is money” sebenarnya “time is more than money”, ya waktu bahkan lebih berharga daripada uang.

Tidak kah Anda pernah memikirkan hal yang sebenarnya bisa Anda lakukan di masa lalu namun gara-gara tidak biasa tepat waktu, Anda melewatkannya begitu saja.

Kebiasaan tepat waktu ini sangat penting bagi kesuksesan hidup Anda. Jika saja Anda bisa melakukan semua hal tepat waktu, impian dan tujuan yang Anda cita-citakan pasti akan datang tepat waktu juga.

9. Rajin Merawat Barang yang Dimiliki

Dengan merawat secara baik barang yang telah Anda miliki bisa menambah umur atau masa pakai barang tersebut.

Contohnya saja, motor Anda selalu di-service rutin dan tidak pernah telat, sehingga mesinnya tetap awet dan performanya masih sangat baik. Otomatis masa pakai motor tersebut pasti akan bertahan lebih lama.

Kalaupun Anda sudah bosan dengan motor tersebut Anda bisa menjualnya dengan harga yang masih tinggi karena kondisinya yang terawat dan performanya yang masih oke.

Dengan begitu Anda bisa menghemat pengeluaran untuk membeli barang-barang  yang baru.

10. Hidup Sederhana

Tahukah Anda orang terkaya nomor dua di dunia yaitu “Warren Buffet”. Beliau adalah seorang yang punya gaya hidup yang sederhana.

Saran darinya yang bisa kita ikuti yaitu “Jangan membeli barang yang tidak dibutuhkan”. Kebanyakan dari kita sering membeli barang barang yang bahkan tidak terlalu dibutuhkan, dan alasan utama membeli barang tersebut adalah untuk bergaya dan hanya untuk gengsi semata.

If you buy things you don’t need, soon you will have to sell things you need

~ Warren Buffet

Hidup sederhana bukan berarti semuanya serba sedikit dan kekurangan, tapi lebih memprioritaskan apa yang dibutuhkan dari pada yang diinginkan, selain itu juga memperhatikan kemampuan dan kondisi sebelum membeli sesuatu.

11. Abaikan orang lain

Apakah Anda sering melihat teman atau tetangga yang berganti-ganti gadget keluaran terbaru. Pernahkah terbesit untuk membeli gadget yang baru juga karena gengsi.

Jika Anda mudah terpengaruh orang lain maka akan sulit untuk mencapai tujuan yaitu menjadi orang kaya. Tidak perlu menjadi orang lain untuk mencapai kesuksesan Anda sendiri.

Selain itu, abaikanlah orang yang menghambat Anda untuk menjadi seorang yang sukses, jangan dengarkan kata-kata yang dapat menurunkan semangat Anda.

Jika kita menilik kisah dari “Warren Buffet” lagi, Beliau adalah seorang yang punya pendirian kuat.

Di saat suatu perusahaan yang oleh banyak orang sudah ditinggalkan, Warren Buffet malah justru berinvestasi pada bisnis tersebut karena Beliau sudah memiliki perhitungan dan analisa yang matang dan tentunya tidak gampang terpengaruh orang lain.

12. Biasakan Pola Hidup Sehat

Kesehatan adalah harta yang paling berharga. Ya, pasti Anda juga setuju dengan pendapat tersebut.

Apa gunanya jika kita memiliki banyak uang tapi kondisinya selalu sakit-sakitan, tentu tidak enak juga, bukan.

Membiasakan pola hidup sehat, menjaga pola makan, serta olahraga yang teratur juga termasuk investasi untuk kesehatan.

13. Networking

Menjalin silahturahmi memang sangat dianjurkan oleh agama. Selain mempererat persaudaraan, menjalin hubungan dengan banyak orang (networking) akan mempermudah Anda dalam menjalankan sebuah bisnis.

Dengan mengenal banyak orang Anda akan lebih mudah untuk memasarkan bisnis Anda, atau paling tidak jika Anda mengalami kesulitan pasti ada yang mau membantu.

14. Tekuni Hal Yang Disukai

Banyak orang yang sukses bukan karena latar belakang pendidikan yang tinggi. Mereka bisa sukses karena mereka mencintai apa yang mereka kerjakan.

 Seperti seorang seniman yang sering dipandang sebelah mata oleh banyak orang, tapi jika mereka mengerjakan pekerjaannya dengan sepenuh hati maka karya yang indah akan tercipta bahkan jika kita melihat sekarang ini banyak penyanyi, pelukis, penulis, bahkan pelawak pun bisa menjadi seorang yang sukses dan kaya.

15. Evaluasi Diri

Lakukanlah evaluasi diri bisa setiap hari, tiap minggu atau tiap bulan. Apakah tujuan Anda selama ini telah tercapai atau belum, hal apa yang sering Anda lewatkan, kesalahan apa yang sering dilakukan dan lain sebagainya.

Mengevaluasi diri sangat penting agar bisa menilai kinerja sendiri, dan berusaha untuk meningkatkannya.

16. Terus Belajar

Sama halnya dengan tadi, menekuni hal yang disukai. Belajar tentang hal-hal yang disukai akan semakin menambah wawasan dan ilmu yang diperoleh

Selain itu belajar juga bukan hanya dari buku atau dari seorang guru. Anda juga bisa belajar dari pengalaman dan kesalahan di masa lalu agar bisa menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Jika Anda malas belajar pasti tidak akan berkembang dan terus menerus melakukan kesalahan yang sama.

17. Suka Memberi

Walaupun secara teknis memberikan sesuatu kepada orang lain akan mengurangi yang kita miliki. Namun pada kenyataannya dengan berbagi kepada sesama justru akan menambah apa yang Anda punya sekarang.

Banyak orang yang beramal bukannya menjadi miskin, tapi malah menjadi lebih kaya dari sebelumnya.

Hidup tak hanya seberapa banyak harta yang bisa Anda miliki, melainkan berapa banyak yang bisa diberikan untuk orang lain yang membutuhkan.

 

Itulah beberapa kebiasaan yang bisa membuat Anda jadi orang kaya, tentunya masih banyak kebiasan-kebiasaan baik lainnya.

Ingin dapat artikel terbaru, Gratis!
Daftarkan email Anda, dan dapatkan pemberitahuan langsung ke inbox Anda. Kami hanya akan mengirim artikel pilihan jadi jangan khawatir tentang spam.