Jenis-Jenis Tabungan di Indonesia

jenis tabungan

Di Indonesia sendiri terdapat sektor perbankan yang memberikan kita fasilitas untuk menabung secara aman dan nyaman, karena kita tidak akan khawatir uangnya hilang atau dicuri orang.

Dan yang paling penting adalah tabungan kita dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan hingga senilai 2 Miliar per orangnya dengan suku bunga yang ditentukan oleh LPS saat ini yaitu 6,25% (Maret 2017).

Jadi selama uang Anda kurang atau sama dengan 2 Miliar dan suku bunga yang ditawarkan kurang dari atau sama dengan 6,25 berati Anda tidak perlu khawatir lagi.

Selain itu Kita juga akan dimudahkan dengan berbagai fasilitas bank seperti ATM dan e-banking yang memudahkan untuk mengambil atau mentransfer uang tersebut.

Namun yang perlu diperhatikan adalah terdapat berbagai jenis-jenis tabungan yang berbeda-beda di Indonesia. Sebelum Anda mulai membuka tabungan di suatu bank, alangkah baiknya ketahui tujuan Anda terlebih dahulu sebelum kemudian membuka tabungan atau simpanan.

(Baca Juga : 4 Hal yang Penting yang Harus Diperhatikan Sebelum Menabung di Bank)

Karena setiap jenis tabungan memiliki fasilitas yang berbeda-beda, sebaiknya pahami terlebih dahulu jenis tabungan  yang sesuai dengan tujuan Anda menabung.

Berikut adalah jenis-jenis tabungan atau simpanan yang ada di Indonesia.

 

1. Tabungan Konvensional

Hampir tiap orang pasti sudah memiliki tabungan yang satu ini. Dengan tabungan ini Anda bisa melakukan penyetoran tunai, tarik tunai, transfer, pembayaran tagihan, dan masih banyak lagi.

Tabungan konvensional memiliki fasilitas yang akan memudahkan transaksi keuangan Anda diantaranya kartu Anjungan Tunai Mandiri (ATM) yang bisa digunakan di berbagai tempat, fasilitas E-Banking diantaranya mobile banking, internet banking, sms banking yang bisa digunakan diberbagai macam handphone Anda.

Selain itu Anda akan mendapatkan bunga sekitar 0% – kurang dari 3%  jika menabung di tabungan konvensional. Bunga 0% diterapkan pada jumlah tabungan yang kecil biasanya kurang dari 1 juta.

Dengan kata lain jika tabungan Anda kurang dari 1 juta tidak akan diberikan bunga.

Namun, Anda juga akan dikenakan biaya administrasi sekitar 10.000, biaya administrasi tiap bank dan produk simpanan berbeda-beda sesuai kebijakan yang berlaku saat itu.

 

2. Tabungan Berjangka

Bagi Anda yang kurang puas dengan bunga dari tabungan konvensional yang kecil yang hanya berkisar 0% – 3% maka Anda perlu mempertimbangkan untuk membuka tabungan berjangka.

Salah satu jenis tabungan berjangka adalah “Deposito”. Bagi anda yang masih kurang mengetahui betul apa itu deposito dan bagaimana cara kerjanya, Anda bisa membacanya pada artikel berikut ini Pengeritian Deposito dan Penjelasannya Secara Lengkap.

Tidak seperti tabungan konvensional, tabungan berjangka tidak boleh diambil sewaktu-waktu. Karena ada jangka waktunya telah disepakati di awal pembukaan.

Untuk jangka waktunya Anda bisa memilihnya diantaranya adalah 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, dan 12 bulan. Jadi Anda baru bisa mengambilnya ketika telah mencapai jangka waktu yang anda pilih.

Tabungan berjangka ini menghasilkan return atau imbal balik yang lebih besar dari tabungan konvensional karena bunga yang ditawarkan lebih besar dari tabungan konvensional yaitu 3 %  hingga 7%.

 

3. Tabungan Bisnis

Tabungan bisnis atau sering disebut dengan “Rekening Giro” adalah tabungan yang diperuntukan menyimpan uang dari perusahaan atau bisnis Anda.

Berbeda dengan tabungan konvensional yang akan mendapat buku tabungan, pada tabungan jenis ini tidak mendapatkan buku tabungan melainkan akan mendapatkan rekening koran yang berisi transaksi selama satu bulan.

Untuk melakukan transaksi tabungan giro ini menggunakan cek dan bilyet giro.

Cek adalah sebuah kertas yang diterbitkan oleh Bank Indonesia yang di dalamnya terdapat perintah tertulis dari nasabah kepada bank untuk menarik dananya dengan jumlah tertentu atas namanya (atas unjuk).

Sedangkan Bilyet giro adalah hampir sama dengan cek namun disini perintahnya bukan menarik melainkan memindah bukukan sejumlah dana dari rekening tersebut kepada rekening penerima.

 

4. Tabungan Haji

Untuk Anda yang beragama Islam dan bercita-cita ingin menunaikan ibadah haji, maka tabungan haji adalah pilihan terbaik.

Tabungan haji adalah jenis tabungan yang diberikan oleh bank untuk memudahkan nasabahnya melaksanakan ibadah haji.

Jika Anda berniat membuka tabungan ini Anda akan diwajibkan menyetorkan uang mulai dari 100-500 ribu per bulannya. Setelah terkumpul sekitar 25 juta atau sesuai jumlah yang telah ditentukan oleh bank, maka Anda bisa mendaftarkan keberangkatan haji Anda ke Kementrian Agama.

Sambil menunggu waktu keberangkatan, Anda akan melunasi sisa biayanya. Fasilitas yang diberikan pada tabungan ini adalah tercover dengan Asuransi jiwa dan kecelakaan.

 

5. Tabungan Investasi

Tabungan ini cocok untuk Anda yang suka berinvestasi pada instrumen saham. Di tabungan ini Anda akan lebih mudah untuk bertransaksi saham.

Biasanya tabungan ini memiliki induk tabungan dari suatu broker atau pialang saham dan nasabahnya akan mendapatkan Rekening Dana Investor (RDI) yang akan digunakan untuk bertransaksi dan menerima hasil keuntungan dari investasi tersebut.

 

6. Tabungan Mata Uang Asing (Valas)

Jika Anda sering bertransaksi dengan mata uang asing kini banyak bank yang telah menyediakan tabungan valas.

Selain itu tabungan ini bisa Anda jadikan untuk investasi, misalanya ketika harga dollar turun Anda bisa membelinya pada saat harga dollar naik Anda akan memperoleh keuntungan dari harga jual dan harga beli.

 

7. Tabungan Rencana

Tabungan rencana ini hampir mirip dengan deposito yang sistemnya berjangka, artinya tabungan itu hanya bisa diambil dengan jangka waktu tertentu.

Salah satu contoh dari tabungan rencana adalah tabungan pendidikan yang dipergunakan untuk biaya pendidikan anak Anda di masa yang akan datang.

Selain itu tabungan ini juga tercover asuransi, jika suatu saat Anda meninggal (mudah-mudahan enggak) maka biaya atau setoran selanjutnya akan dicover oleh asuransi sehingga dana yang terkumpul sesuai dengan yang ditargetkan.

 

8. Tabungan Anak

Mendidik anak untuk menabung merupakan suatu kebiasaan baik yang harus ditanamkan sejak dini.

Nah, untuk mendukungnya kini banyak bank yang telah membuka tabungan khusus untuk anak. Dengan adanya tabungan ini diharapkan agar banyak anak-anak yang lebih rajin menabung.

Nantinya setiap anak yang membuka tabungan ini akan diberi buku tabungan dan kartu ATM dengan tampilan tokoh kartun yang banyak digemari.

Dengan pemberian buku tabungan dan ATM tersebut akan menambah kebanggaan anak tersebut karena biasanya mereka akan senang telah memilikinya seperti layaknya orang dewasa.

Untuk setoran awal dan setoran selanjutnya terbilang ringan dan sesuai untuk anak-anak. Biaya administrasinya pun sangat ringan

Selain itu biasanya bank juga mewajibkan orang tuanya untuk membuka rekening induk di bank tersebut. Terkadang biaya administrasi tabungan anak diambilkan dari rekening orang tuanya agar tidak memberatkan tabungan anak itu.

 

 

Setelah Anda mengetahui dana memahami jenis jenis tabungan, saatnya Anda menentukan tabungan mana saja sesuai dengan kebutuhan Anda.

Tinggalkan Komentar

Be the First to Comment!

Leave a Reply

wpDiscuz